Ticker

6/recent/ticker-posts

Diskusi Mengenai Feminisme Bersama Bunda Anna


Sabtu, 29 Februari 2020 bertempat di Sekretariat Satu Dalam Perbedaan (Sadap) Indonesia mengadakan sharing dan diskusi mengenai Feminisme Dasar dengan pemateri Anna Marsiana yang merupakan Aktivis Perempuan dan Pembina Yifos Indonesia. Diikuti oleh 20 orang peserta dari kalangan mahasiswa, volunteer dan pengurus dari Sadap sendiri.

https://www.youtube.com/watch?v=-gxVZAXzIL4&t=723s


Acara dimulai pukul 16.30, berlangsung menarik karena dibawakan oleh pemateri yang berkompeten pada bidangnya. Dengan pembagian beberapa materi dalam bentuk kelompok, hasil dari masing-masing kelompok menyampaikannya dan langsung disambut dengan beberapa pemaparan oleh pemateri.







Menurut pemateri Feminisme sendiri tidak memiliki satu penjelasan khusus mengenai arti Feminisme tersebut karena ada beberapa gelombang dan aliran Feminisme. Ada 3 gelombang yang mendasari Feminisme yaitu Gelombang I (1848-1920), Gelombang II (1960-1980), Gelombang III ( 1980-sekarang), Feminisme Radikal, Feminisme Sosialis, Feminisme Liberal, Feminisme Post Modern, Feminisme Anarkis dan Feminisme Pasca Kolonial.

Dari beberapa aliran dan gelombang tersebutlah menjadi dasar pemateri menyampaikan bahwasannya Feminisme tidak memiliki satu arti tunggal, melainkan banyak arti tergantung dari aliran dan gelombang mana pemikirannya berasal, hal ini disebabkan oleh latar belakang dari pejuang Feminisme yang berbeda-beda.

Kesimpulan dari diskusi ini adalah Feminisme bergerak dinamis tidak statis dan Feminisme bukan hanya gerakan yang dilakukan oleh kaum perempuan saja namun untuk semua orang baik itu laki-laki, perempuan dan transgender (transpuan dan transmen) yang menganggap terjadi ketimpangan atau ketidaksetujuan akan konsep patriarkis.

Diskusi berakhir sekitar pukul 8 malam, ditutup dengan makan bersama pemateri dan peserta disertai diskusi ringan setelah kegiatan.







Posting Komentar

0 Komentar