Ticker

6/recent/ticker-posts

Mengenal Bahai dan Peace Train II


Sharing dari rumah Sadap Indonesia dipandu oleh Siti Masita dengan tema Cerita Peace Train dari Pemuda Bahai. Live ini dilaksanakan pada 30 Januari 2020 dengan tiga narasumber yaitu Dona, Dini dan Corry yang menganut agama Bahai.

Pembahasan di awali dengan pengenalan secara singkat agama Bahai yang ada di Indonesia. Bahai merupakan satu di antara agama yang ada di Indonesia, Bahai sendiri masuk ke Indonesia di bawa oleh bangsa persia. Agama Bahai belum memiliki bangunan rumah ibadah (bentuk fisik) di Indonesia.

Pembahasan dilanjutkan dengan cerita kegitan Peace Train yang diikuti oleh salah satu narasumber yaitu Dini. Dini sendiri juga pemuda yang beragama Bahai. Peacre train sendiri merupakan kegiatan anak-anak muda yang bertujuan untuk saling belajar dan mengenal agama dan budaya yang ada di Indonesia. Untuk peace train 2021, ini merupakan peacre train ke 11 yang dilaksanakan di Tumanggung.

Menurut Dini, kegiatan ini sangat menarik dan sangat bermanfaat untuk saling belajar, mengenal dan juga menjaga kebhinekaan dan perdamaian. Di sana mereka tinggal di rumah warga, mereka disambut dengan baik, bahkan sudah seperti keluarga sendiri.

Selama mengikuti peace train peserta tentunya mendapat teman baru, keluarga baru yang berasal  dari berbagai agama dan suku yang berbeda. Di sana mereka belajar tentang agama-agama yang ada di Indonesia, belajar tentang budaya-budaya yang ada di Indonesia dan juga mengunjungi beberapa rumah ibadah. Tujuan kegiatan ini tentunya untuk saling mengenal dan bersama-sama menjaga perdamaian walaupun berbeda-beda tapi kita tetap sama Indonesia. 

Simpulan dari live instragram kali yaitu walaupun kita berbeda-beda (agama,suku, budaya) tapi kita tetap satu Indonesia. Secara bersama-sama kita menjaga perdamaian dan kebhinekaan, serta saling bertoleransi. Membuka ruang diskusi, mengadakan kegiatan bersama-sama merupakan satu di antara cara yang bisa kita lakukan untuk saling mengenal, belajar dan bertoleransi.

Penulis : Siti Masita

Posting Komentar

0 Komentar